+628112916633 |   kedungwuni2@gmail.com |   Tangkil Kulon, Kedungwuni, Kab. Pekalongan

26 November 2022: waktu menunjukkan pukul 09.00, terdengar suara bergemuruh, gedung Puskesmas dan kursi bergetar, pasien berteriak karena panik seketika sadar terjadi gempa, petugas puskesmas  mengarahkan pasien melalui jalur evakuasi menuju titik kumpul dan melakukan pengecekan kehadiran pegawai dan pasien, setelah dilakukan pengecekan terdapat dua pegawai yang mengalami cidera sementara pegawai dan pasien yang lain tidak ada yang mengalami cidera. Begitulah simulasi Penanganan bencana yang dilakukan oleh pegawai bersama Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan.

Workshop penanggulangan Bencana ini dibuka oleh kepala TU Puskesmas Kedungwuni II Bapak Suwarno, A.MK dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan pegawai Puskesmas ketika menghadapi Bencana. Metode yang digunakan adalah Ceramah, Diskusi dan Simulasi.

Materi pertama "penanggulangan bencana" oleh Bapak Fajar Anggoro. Materi kedua "Triage" disampaikan oleh Bapak Pandu Gumilang yang membahas tentang identifikasi kondisi korban dan menetapkan derajat kegawatdaruratan korban tidak lebih dari satu menit. Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Ahmad Nur Fauzi dari BPBD tentang Evakuasi.

Workshop diakhiri dengan sesi foto bersama Staff Puskesmas Kedungwuni II dengan tim BPBD Kab Pekalongan di halaman Puskesmas.

foto bersama